9 Tari Bali yang diakui oleh UNESCO Sebagai Warisan Budaya

Diposting pada

4. Drama Tari Wayang Wong

Drama Tari Wayang Wong
Drama Tari Wayang Wong

Drama Tari Wayang Wong adalah petunjukan tari yang berlatar belakangkan dari kisah Ramayana, dimana tarian ini pada umumnya diiringi oleh tabuh Bebatelan.

Perlu Kalian ketahui, tari ini bisa dikatakan sejenis Parwa, Dramati gambuh dan Drama tari Cupak Gerantang. Namun Wayang Wong dalam pementasanya melibatkan banyak tokoh/pemain dan memiliki ciri khasnya tersendiri, misalnya memakai tokoh kera, Paksi (Burung, Raksasa, Dll.).

Pada perkembangan jaman modern ini Wayang Wong pun saat ini biasanya memiliki fungsi ganda, misalnya selain digunakan sebagai Tarian Sakral (Wali) juga kerap di pentaskan sebagai Tarian Pertunjukan (Bebali dan Balih Balihan).

Sumber : denpasarkota.go.id

5. Drama Tari Gambuh

Drama Tari Gambuh

Tari Gambuh adalah sebuah drama tari Warisan dari budaya Bali yang meperoleh pengaruh dari Zaman Jawa-Hindu di Jawa Timur, yang dikenal dengan nama Rakêt Lalaokaran.

Drama Tari ini lahir di Puri pada masa lampau, yang sampai saat ini masing dilestarikan di beberapa daerah di Bali yang dulunya wilayah kekuasaan Kerajaan.

Gambuh pada abad XVI merupakan tarian perang yang untuk menghibur rakyat Kerjaaan Majapahit yang sedang melaksanakan upacara Shreiddha.