Pura Taman Ayun. Sejarah, Lokasi & Tiket Masuk

Diposting pada

Pura Taman Ayun merupakan pura yang didirikan oleh seorang bangsawan yang bernama I Gusti Agung Putu, selain mendirikan Pura Taman Ayun ia juga mendirikan Pura Ulun Danu Beratan.

Sejarah Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun didirikan pada tahun 1632 atau pada abad ke-17 dan selesai 2 tahun kemudian, yaitu tahun 1634. Pura ini di bangun oleh Raja Mengwi yang bernama I Gusti Agung Putu, yang sebelumnya Kerajaan Mengwi mempunyai nama lain kerajaan “Mangapura”, “Mangarajia”, dan “Kawiyapura”.

Pembangunan Pura tersebut di bantu oleh seorang arsitek keturunan Cina yang berasal dari Banyuwangi, arsitek tersebut bernama Ing Khang Ghoew atau kerap disebut I Kaco.

Tujuan didirikannya Pura Taman Ayun

Tujuan yang melatar belakangi didirikanya Pura Taman Ayun adalah, pada jaman itu pura-pura lokasinya amat jauh, sehingga tidak dapat di jangkau oleh masyarakat Mengwi.

Oleh karena itu, Raja pun mendirikan sebuah tempat pemujaan dengan beberapa bangunan sebagai simbol dari 9 Pura utama yang ada di Bali, seperti :

  • Pura Besakih
  • Pura Ulundanu
  • Pura Batur
  • Pura Uluwatu
  • Pura Batukaru
  • dan Pura Utama lainya yang ada di Bali

Sumber : wikipedia

Tiket Masuk Pura Taman Ayun

Tiket Masuk Pura Taman Ayun

Sebelum Kalian berangkat, sebaiknya Kalian harus tau terlebih dahulu berapa saja perkiraan biaya yang diperlukan untuk mengunjungi destinasi wisata satu ini.

Berikut Daftar Harganya

Pengunjung :

  • Domestik IDR 10.000 / Orang
  • Asing IDR 20.000 / Orang

Kendaraan :

  • Parkir Mobil IDR 5.000 / Mobil.
  • Parkir Motor IDR 2.000 / Motor.

Baca Juga : Pura Ulun Danu Beratan, Tujuan Wisata di Bali

Lokasi Pura Taman Ayun

Lokasi Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun beralamatkan di : Jl. Ayodya, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351, jika berangkat dari Kota Denpasar akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 36 menit melalui rute  Jl. Cokroaminoto/Jl. HOS Cokroaminoto dan Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk (kondisi lalu lintas normal)

Jika Kalian ingin menggunakan Google Maps, Kalian bisa mengklik tutan berikut untuk mendapatkan petunjuk : Klik disini.

Atau mungkin Kalian ingin melihat rute nya, bisa Kalian lihat maps di bawah ini :

Pura Taman Ayun sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO
Pura Taman Ayun sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Pura Taman Ayun Sebagai Warisan Dunia

Penyerahan sertifikat pengakuan Subak sebagai situs warisan dunia Unesco (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan,

dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa) dilakukan di obyek wisata Taman Ayun Kabupaten Badung, Senin Malam (25/9/2012).

Sertifikat pengakuan dari Unesco ini diserahkan kepada pihak Pemprov Bali dan bupati dari empat kabupaten di Bali yakni Badung, Bangli, Tabanan, dan Gianyar.

Peresmian subak sebagai warian dunia Unesco ini disambut gembira masyarakat Bali. Proses untuk mendapat pengakuan ini melalui proses panjang selama 10 tahun lebih.

“Pengakuan yang kita dapat ini tidaklah mudah, perlu waktu lama. Oleh karena itu, pengakuan ini harus kita jaga sebagai milik bersama.

Kita bangga apa yang dibuat para leluhur kita ini akhirnya bisa diakui dunia,” ujar Jero Wacik.

Tokoh masyarakat Bali yang ikut hadir dalam acara penyerahan sertifikat dari Unesco.

Sumber : Berita Bali

Jadi itulah ulasan dari Admin mengenai Pura Taman Ayun, harga yang Admin sebutkan di atas sewaktu – waktu dapat berubah sesuai dengan peraturan yang di tetapkan oleh pengelola tempat wisata. Dan dapatkan info terbaru mengenai destinasi wisata bali hanya di Objek Wisata di Bali.