Maps Pura Tanah Lot Bali

Mengulas Tuntas Asal Usul Pura Tanah Lot Bali

Diposting pada

Pura Tanah Lot Bali terletak di sisi pesisir pedesaan Berberan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Terletak 30 km sebelah barat kota Denpasar dan sekitar 11 km sebelah selatan kota Tabanan.

Pura ini dibangun di atas batu dengan ukuran 3 are dan dapat dicapai dalam beberapa menit dengan berjalan kaki, karena hanya berjarak 20 meter dari bibir pantai. Pura ini sangat terkenal di kalangan Turis dengan pemandangan sunset yang spektakuler.

Pengertian dari Pura Tanah Lot Bali

Kata Tanah Lot terdiri dari dua kata yaitu kata tanah yang diartikan sebagai karang yang tampak seperti gili atau pulau. Banyak atau kata Lot berarti laut. Jadi Tanah Lot berarti pulau kecil yang mengambang di laut.

Sesuai dengan kondisi lingkungan, maka struktur Pura Tanah Lot dibangun di dataran terumbu yang tidak beraturan dengan sudut yang hanya terdiri dari satu halaman polos seperti Jeroan. Pura Tanah Lot beda dengan candi-candi lain di Pulau Bali,

Sejarah Pura Tanah Lot Bali
Sejarah Pura Tanah Lot Bali

Sejarah Pura Tanah Lot Bali

Dang Hyang Nirartha “atau lebih dikenal dengan Pedanda Sakti Wau Rauh” yang berasal dari wilayah Blambangan, Jawa Timur sampai Pulau Bali sekitar abad ke-16.

Pada masa Pemerintahan Raja Dalem Waturenggong di Gelgel, Bali. Kemudian, ia mengadakan perjalanan suci (Dharmayatra) dan berjalan menyusuri pesisir selatan Pulau Bali dari barat ke daerah timur.

Dalam perjalanan, pada akhirnya ia menemukan sebuah pantai di daerah Tabanan (sekarang adalah Kabupaten Tabanan), tidak jauh dari Desa Baraban. Selanjutnya, kita melihat sebuah batu berbentuk pulau kecil di laut.

Di tempat ini ia bermeditasi dan dia merasakan getaran kesucian. Jadi di atas batu karang, dia menyarankan untuk mendirikan bangunan suci untuk pemujaan kepada para Dewa yang sekarang disebut dengan Pura Tanah Lot.