Maps Pura Tanah Lot Bali

Mengulas Tuntas Asal Usul Pura Tanah Lot Bali

Diposting pada

Keunikan Pura Tanah Lot Bali

Di seberang jalan dari candi terdapat sejumlah gua yang ditinggali beberapa ular laut berwarna hitam dan putih umumnya bisa ditemui di pantai.

Ular ini dianggap sebagai pelindung seluruh area Tanah Lot dari kekuatan jahat yang tak terlihat. Di Pura Tanah Lot juga ada sebuah sumber air suci, yang letaknya persis di bawah candi. Air suci ini dipercaya bisa mendatangkan rezeki kepada siapapun yang meminumnya.

Di tempat ini, ada pura utama yang digunakan untuk menyembah Dewa Baruna atau Bhatara Segara, yang melambangkan kekuatan laut .

Media pemujaan kepada Dewa ini adalah bangunan suci dengan 5 bangunan bertingkat, dan ada juga 3 bangunan bertingkat di bagian utara bertujuan untuk menyembah Dang Hyang Nirartha.

Ular di Pura Tanah Lot Bali
Ular Laut Pura Tanah Lot Bali

Fungsi Pura Tanah Lot Bali

  • Pura Tanah Lot sebagai Dang Kahyangan (Pura Besar Kedua di Bali), karena sejarah dan penyiwi (orang yang mengurus candi) berasal dari masyarakat sekitar dari kabupaten Tabanan dan sekitarnya.
  • Pura Tanah Lot sebagai Pura Segara, karena fungsinya sebagai tempat suci untuk menyembah Bhatara Segara, Tuhan yang bermanifestasi sebagai kekuatan laut.

Tak lepas dari mitos yang mencakup segala hal mulai dari berdirinya Candi Tanah Lot, candi ini tetap menjadi salah satu ikon utama wisata di Pulau Bali.

Ini akan menjadi perjalanan wisata religius yang mengesankan bagi Kalian, Waktu yang paling populer untuk berkunjung ke Pura Tanah Lot adalah sore hari ketika matahari mulai terbenam di atas cakrawala.

Tempat wisata ini menarik kerumunan pelancong yang datang dengan muatan bus untuk menyaksikan pemandangan candi yang megah ini dengan latar belakang gelombang yang menerjang.

Baca Juga : Apa itu Taman Nasional BaLi Barat? Temukan Jawabanya Disini!