Pura Ulun Danu Beratan, Tujuan Wisata di Bali

Diposting pada

Pura Ulun Danu Beratan merupakan salah satu pura terbesar di bali setelah Besakih. Nama dari pura ini diambil dari tempatnya didirikan, yaitu Danau Beratan.

Pura Ulun Danu didirikan di ketinggian 1.239 meter di atas permukaan laut. Karena didirikan ditepat ketinggian, membuat Pura ini memiliki udara yang sejuk, dengan temperatur udara mencapai kisaran 18-22 derajat celcius.

Sejarah Pura Ulun Danu Beratan

Dalam Lontar Babad Mengwi di ceritakan bahwa, seorang bangsawan bernama I Gusti Agung Putu yang mengalami kekalahan perang dari I Gusti Ngurah Batu Tumpeng.

Untuk bangkit dari kekalahan tersebut I Gusti Agung Putu melakukan pertapaan di puncak Gunung Mangu untuk mendapatkan ilham baik itu kekuatan dan pencerahan.

Setelah selesai dari pertapaan nya, ia turun gunung dan kemudian mendirikan sebuah istana dengan nama Istana Belayu (Bela Ayu).

Beberapa lama setelah mendirikan istana, ia kembali untuk berperang melawan  I Gusti Ngurah Batu Tumpeng dan berhasil memenangkan perperangan. Setelah itu I Gusti Agung Putu kemudian mendirikan sebuah Pura di tepi Danau Beratan yang kemudian dikenal sekarang dengan nama Pura Ulun Danu Beratan.

Perlu Kalian ketahui I Gusti Agung Putu merupakan pendiri dari kerajaan Mengwi, dan pendiri dari Pura Taman Ayun.

Dalam Lontar Babad Mengwi juga menerangkan tahun didirkannya Pura Ulun Danu, yaitu kisaran tahun 1556 Saka atau 1634 Masehi. Pendirian Pura Ulun Danu Beratan konon telah membuat Masyur kerajaan Mengwi beserta Rajanya.

Sehingga, rakyatnya memberi julukan “I Gusti Agung Sakti” kepada “I Gusti Agung Putu”

Tiket Masuk Pura Ulun Danu Beratan

Selain menjadi situs bersejarah yang merekam perkembangan ajaran Hindu pada masa Kerajaan Mengwi, kompleks Pura Ulun Danu Beratan juga menyimpan artefak lain yang berasal dari zaman megalitik (sekitar 500 tahun sebelum Masehi).

Di sebelah kiri halaman depan Pura Ulun Danu Beratan dapat disaksikan sebuah sarkofagus dan papan batu. Sarkofagus merupakan peti batu yang biasa difungsikan untuk menyimpan mayat (kubur batu), sementara papan batu yang terdapat di lokasi yang sama diperkirakan sebagai tempat pemujaan masyarakat prasejarah.

Temuan ini menunjukkan bahwa tempat dibangunnya pura sebelumnya juga telah digunakan sebagai tempat ibadah oleh masyarakat arkais.

Baca Juga : Hidden Canyon Bali, Sukawati – Gianyar

Di tempat ini Kalian juga bisa sekaligus menikmati View Landscap keindahan pemandangan Danau Beratan sambil di temani dengan Matahari diselimuti dengan awan yang berwarna kekuning – kuningan.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu terletak di kawasan wisata Bedugul, dengan alamat lengkap : Jl. Bedugul – Singaraja, Candikuning, Baturiti, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191.

Jika Kalian menggunakan Google Maps bisa klik tautan berikut untuk mendapatkan petunjuk : Klik disni

Atau mungkin jika Kalian ingin melihat – lihat rute, bisa kalian lihat maps di bawah ini :

Tiket Masuk & Jam Buka Pura Ulun Danu Beratan

Untuk yang ingin memasuki kawasan objek wisata, akan dikenakan tiket masuk sebesar :

  • Dewasa, IDR 20.000 / orang.
  • Anak, IDR 15.000 / anak.

Dan Parkir untuk kendaraan dikenakan sebesar :

  • Parkir motor, IDR 2.000 / 1 motor.
  • Parkir mobil, IDR 5.000 / 1 mobil.
  • Parkir bus, IDR 10.000 / 1 bus.

Jam Buka :

  • 08.00 sampai 18.00 WIT.

Namun, apabila area pura sedang berkabut, lokasi pura akan ditutup lebih cepat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Sewa Perahu Pura Ulun Danu Beratan

Hal – hal yang bisa dilakukan di Pura Ulun Danu Beratan

  1. Mengelilingi Danau dengan Perahu.
    Jika Kalian ingin berkeliling danau menggunakan perahu, Kalian bisa menyewa perahu dengan biaya sewa sebesar : IDR 25.000, untuk 1 kali keliling dengan durasi maks 20 menit.
  2. Memancing
    Yang ingin memancing bisa menyewa Peralatan Pancing dengan harga sewa sebesar IDR 5.000, dengan waktu pemakaian sepuasnya.
  3. Melukis Wajah
    Disekitaran Pura Ulun Danu Kalian juga bisa menjupai penyedia jasa lukis wajah kilat, dengan waktu 15 menit, dan biaya jasa sebesar IDR 10.000
  4. Membeli Oleh-oleh
    Kurang lengkap rasanya jika Kalian berlibur kemari namun tidak membeli oleh-oleh. Jika Kalian ingin membeli Oleh-oleh di utara areal pura terdapat pasar tradisional. Di pasar ini dijual berbagai hasil perkebunan, pertanian, kerajinan khas bali, serta hewan khas Bali, yakni anjing kintamani.

Jadi demikian ulasan dari Admin mengenai Pura Ulun Danu Beratan, harga yang Admin cantumkan di atas sewaktu-waktu dapat berubah menurut kebijakan dari pengelola objek wisata, dan dapatkan info wisata menarik lainya hanya di Objek Wisata di Bali.