Sejarah Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest atau nama lainya Mandala Wisata Wenara Wana

Diposting pada

Monyet Bali di Hutan Monyet Ubud

Monyet-monyet yang tinggal di tempat suci ini disebut kera Bali, juga dikenal sebagai kera ekor panjang. Nama ilmiah mereka adalah macaca fascicularis.

Kera ini hidup biasanya dalam tiga kelompok betina dan jantan. Masing-masing dari kelompok ini cenderung menggunakan kawasan hutan yang berbeda.

Konflik kadang muncul ketika dua kelompok berada di daerah yang sama. Laki-laki dewasa berbobot hingga 8 sampai 10 kg dan memiliki gigi taring besar, bahu lebar dan rambut wajah yang menyerupai kumis.

Betina dewasa lebih kecil dari jantan (4-8 kg) dan memiliki rambut wajah yang panjang menyerupai manik-manik. Kera jantan biasanya bermigrasi dari daerah lain dan berusaha untuk mengasosiasikan diri mereka dengan matriline Betina (kelompok kera betina).

Baca Juga : Mengulas Tuntas Asal Usul Pura Tanah Lot Bali

Masa Perkawinan bisa berlangsung sepanjang tahun tapi kebanyakan bayi lahir pada bulan Mei – Agustus. Ibu kera berkisar dari sangat protektif hingga sangat permisif dengan bayi mereka.

Banyak kera betina yang bukan ibunya menghabiskan waktu memegang dan merawat bayi kera. Terkadang Anda bahkan akan melihat “ibu” orang dewasa juga.

Penelitian dan Konservasi Hutan Kera Ubud

Ubud Monkey Forest Berfungsi tidak hanya sebagai komponen penting dalam kehidupan spiritual dan kehidupan masyarakat desa, namun merupakan lokasi beberapa program penelitian dan konservasi.

Pemeliharaan dan pengelolaan tempat khusus seperti ini menarik perhatian peneliti dari seluruh dunia, terutama interaksi antara manusia dan monyet di tempat suci ini tunduk pada survei dan studi penelitian.

Tiket Masuk Ubud Monkey Forest

Di tempat wisata ini, tiket masuk dibagi menjadi 2 tipe, yaitu untuk anak-anak dan untuk dewasa dan berikut harganya :

  • Dewasa: Rp 40.000/orang
  • Anak: Rp 30.000/orang

Catatan : harga tiket masuk diatas sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan ketentuan pengelola wisata.

Jadi demikianlah ulasan dari Admin mengenai objek wisata Ubud Monkey Forest, dapatkan juga informasi terbaru mengenai objek wisata bali hanya di Objek Wisata di Bali